Sabtu, 20 April 2013

Kiat Memperbaiki Harga Diri Menurut Islam


by :Hari Santoso, HRD Expert and Education Personality Development Consultant   Insight Management

Tidak jarang kita  marah ,benci dan tidak bisa memaafkan diri sendiri,bahkan untuk kesalahan yang sebenarnya tidak fatal atau lumrah dilakukan manusia pada umumnya saja , membuat anda frustrasi. Kita bisa sangat membenci diri sendiri atas tindakan dan pemikiran ,jika ini menimpa diri anda maka anda sedang  mengalami harga diri yang rendah.

 Padahal dengan harga diri yang rendah anda akan sulit beradaptasi dengan lingkungan sekitar ,apalagi berprestasi dalam karir dan kehidupan. Jika ini terjadi berikut kiatnya





 


  
 “Allah tidak menyukai Ucapan buruk (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha mendengar lagi Maha mengetahui”. QS An-Nisa :148


Pesan Allah dalam ayat ini adalah agar kita waspada terhadap ucapan buruk yang kita ucapkan atau diucapkan orang lain yang makin memperburuk keadaan diri sendiri dan orang lain.’ “Ucapan atau perilaku yang tidak disenangi baik dalam urusan dunia maupun akhirat ruhaniah (psikologis) maupun jasmaniah  (Fisik)” Al-Raghib al Ashfahani ,Al Mufradat.
Dengan demikian inilah agar anda tidak terpuruk harga diri anda:

·         Membenci  diri sendiri  bisa membuat diri makin merasa tidak berharga.Maka mulailah untuk merenungi sejenak secara sadar substansi persoalan yang membuat anda benci terhadap diri sendiri. Jika tidak sangat fatal segera ganti dengan pemikiran positif setiap kali muncul perasaan benci kepada diri sendiri. Jika memang kesalahan besar sampai kapan anda  terus menerus membiarkan rasa benci kepada diri sendiri menggerogoti kebahagiaan hidup anda. Bukankah kesalahan merupakan bentuk “Alarm “guna memperbaiki keadaan.  

·         Fahamilah melakukan kesalahan adalah lumrah bagi setiap manusia dan tidak bakal membuat anda mendapat julukan orang bersalah selama anda  memiliki niat untuk memperbaiki diri. Karena orang yang baik bukan orang yang tidak pernah bersalah melainkan orang yang mampu mengubah kesalahan menjadi kemanfaatan. Sadarilah tidak ada orang yang baik sama sekali demikian tidak ada orang yang sangat buruk sekali,Dibalik kesalahan besar seseorang masih ada setitik kebaikan,dibalik kebaikan  seseorang pasti memiliki setitik aib yang dimilikinya .Jadi milikilah keberanian memaafkan diri sendiri sebagaimana anda bisa memaafkan orang yang anda cintai ,bukankah tidak ada orang yang paling anda cintai kecuali diri anda sendiri...!

·         Tata ulang sistem keyakinan anda . Bisa jadi konsep diri yang telah anda miliki yang disebabkan olah pola asuh ,pendidikan ,lingkungan atau perlakuan masa lalu yang merendahkan anda. Sehingga membuat anda menjadi pribadi yang tidak percaya diri,minder dan mengisolasi diri karena merasa tidak pantas untuk bergaul dengan lingkungan atau orang orang yang amat berarti bagi kehidupan karir dan pribadi anda. Segera tata ulang sistem keyakinan diri anda sebagai bekal konsep diri positif ,agar acara pandang diri anda terhadap diri sendiri atas apa yang anda pikirkan dan rasakan  mengantar menjadi pribadi yang cukup berharga ,memiliki harga diri positif.

Apapun yang terjadi pada diri anda anda berhak meraih kehidupan yang lebih baik,lebih maju dan lebih bahagia ,karena itu hargailah kehidupan anda,dengan memiliki harga diri positif selamat mencoba..


0 komentar:

Posting Komentar