Jumat, 22 Mei 2009

Mengapa Sulit Memaafkan



Kita menjadi sulit memaafkan karena memandang diri terlalu benar dan suci, sehingga orang lain tidak pantas kita maafkan.Padahal yang Maha suci akan menghapus kesalahan sebanyak apapun tanpa mengalami kerugian. Para nabi yang suci bahkan meminta maaf atas kesalahan yang tak dilakukan.

Jadi berikan maaf sebagai wujud hak untuk balas dendam dan mintalah maaf sebelum diminta. Nisacaya Tuhan akan memaafkan anda. Karena yang utama pada yang memulainya.

Memaafkan menutup kemarahan dari rasa curiga . Curiga atas niat buruk dari orang lain.Namun bila hal itu sulit untuk memaafkan sepenuhnya jangan bersedih.Jangan paksakan diri untuk memaafkan kalau luka makin dalam. Karena Tuhan tidak pernah memaksa..kembalikan semua persoalan kepadaNYa,biarkan Tuhan yang bekerja untuk membuka pintu ampunan. Dengan demikan anda tidak akan terpaksa bekerjasama dengan orang yang tidak bisa anda maafkan sepenuhnya.

Tidak akan mungkin manusia mengganti kedudukan Tuhan, kendati mereka sudah mempertuhankan diri sendiri.Jika luasnya samudra bisa dihitung manusia tidak pernah berdaya mengukur kedalaman hati orang lain.Jangan mengundang kemarahan dengan perbuatan yang tidak dimengertinya. Karena akan dipendam dalam-hatinya.Bicaralah untuk dimengerti bukan membuatnya bert ambah susah dan tidak mengerti ! Supaya anda dimengerti kepentingannya.

Tidak ada orang yang tidak berdusta . karena dusta juga dibenarkan terutama jika untuk menyelamatkan kehidupan .Jangankan dusta pada komitmen dengan orang lain, karena anada mencederai kepercayaan .
Namun yang paling sering kita justru mendustai diri sendiri. Terlau banyak rencana yang kita khianati meskipun itu untuk perbaikan diri.

Jadi jangan gantungkan harapan pada janji orang lain karena anda akan kecewa….!

0 komentar:

Posting Komentar