Minggu, 13 Februari 2011

Do’a Mencetak Anak menjadi “Bintang”


Do’a Mencetak Anak menjadi “Bintang”

Abdrurahman bin Abi Barkah ,bahwa ia berkata kepada Ayahnya,bahwa : wahai ayahku ,sesungguhnya aku mendengar engkau setiap pagi berdoa : allahumma ‘aafinii fii badanii,Allahumma ‘aafinii fii sam’ii allahumma ‘aafainii fi basharii,walaailaha illa anta ( ya Allah sehatkanlah badanku,ya Allah sehatkanlah pendengaran ku . ya allah sehatkanlah penglihatanku Tiada Tuhan kecualai Engkau ).Ayahnya menjawab: “sesungguhnya aku telah mendengar Rosulullah Saw berdoa dengan kalimat itu , oleh karena itu aku senang mengikuti Sunahnya . HR Abu Dawud .


Banyak orang tua merindukan kecermelangan anaknya di masa depan tetapi jarang sekali mereka yang betul betul merencanakan perlakuan yang dapat menunjang impian itu.. Sehingga yang terjadi justru mencetak the lost generation yang disebakan kekuranagan gizi ,hidup dalam lingkungan tidak sehat dan tidak mengerti serta memiliki kebiasaan yang sehat.Jika ini dibiarkan maka generasi kita tidak memiliki daya saing dalam mempertahankan kesejahteraan hidup.


Kesehatan badan

Kesehatan pada anak bukan hanya persoalan kecukupan nutrisi ,namun juga keseimbangan tubuh .Guna mendukung kesehatan badan anak maka upaya diluar medis perlu dibiasakan seperti oleh raga dan berkesenian. Sebuah studi dalam Journal Neurological research menemukan bahawa bermain music (piano ) dapat meningkatkan kemampuan matematika dan science sampai 30%.demikian juga dengan olah raga . sport memberikan anak kemampuan Problem solving dan membantu memperlancar sirkulasi darah keotak..

Biasakanlah olah raga minimal 15 menit setiap hari .kebugaran akan anda rasakan. Berlatihlah secara sederhana,olah raga santai dapat meningkatkan sirkulasi darah menjadi lancar, jantung dan paru paru berkembang sesuai fungsinya secara optimal.Ajaklah anak anda ikut serta!. Dengan demikian kesehatan badan dapat meningkatkan penampilan fisik dan kesehatan individu.


Kesehatan Pendengaran & Penglihatan

Kedua ,kesehatan ini bukan sekedar kesehatan alat indera ,melainkan kesehatan suasana hati akibat informasi yang didengar dan dilihat sehingga mempengaruhi proses presepsi dan kebermaknaan hidup.Disamping anak ahrus dapat pemenuhan atas kebutuhan kesehatan fisiknya ,anak juga perlu pemenuhan atas kebutuhan dasar afektifnya.Kebutuhan itu meliputi kebermaknaan hidup ,rasa aman ,perasaan diterima dicintai dan mencintai . kebutuhan dasar afeksi ,atau pengalaman merasakan dari yang didengar dan dilihat ini membantu anak dalam perkembangan kepribadian dan kesehatan mentalnya.


Dan yang tidak boleh dilupakan adalah menanamkan nilai nilai keTuhanan dalam hidup keseharian anak. Inilah sarana terkabulnya doa tersebut.!

0 komentar:

Posting Komentar