Sabtu, 05 November 2016

Pemimpin Sejati Mendampingi Di Saat Gawat


Kank Hari, TQM Training, Motivator Kondang Surabaya

“Bagaimana saya harus mengkritisi rekan kerja saya , kank..?”. Kata, Angel,  gadis manis berjilbab tinggi semampai , staff HRD kepada saya.

“Fokus saja pada angket hasil survey internal yang sudah kamu lakukan..?”

“Ya ,..tapi Kank Hari harus  berada di lokasi , jaga jaga kalo kalo..?”

“siip..?”

Esok harinya sengaja saya tidak menampakkan diri di ruang workshop Peningkatan SDM, dikarenakan jadwal saya memang lebih siang. Namun saya tetap hadir dalam kerumunan yang tidak terlihat, sembari mengamati kompetensi panitia dan pihak pihak yang berkepentingan menjalankan tugasnya.

Saya melihat  Angel celingukan, seperti mencari cari seseorang , mondar mandir panic karena presentasi yang harus disampaikan kurang lima menit, apalagi ini adalah presentasi pertamanya yang konten materinya”gawat” mempresentasikan hasil temuan angket yang tidak berpihak kepada seluruh karyawan. 

“Saatnya kita ikuti presentasi hasil angket kepuasaan pelanggan terhadap pelayanan kita,  disampaikan oleh rekan kita, Angel.., !” kata pembawa acara 

Saya berusaha meringsek  kedepan  mendekat ke Angel yang sudah mulai nervous dan hopeless  untuk mendekatinya guna memberitahu bahwa Saya hadir dan memberikan motivasi kepadanya.

Sembari saya tepuk pundaknya, “Ayo lakukan seperti yang sudah kita rencanakan..!”

Wajahnya berbinar walaupun saya lihat matanya berkaca kaca, ia maju dengan penuh semangat untuk memulai presentasinya . Dan presentasipun berjalan lancar tanpa halangan….

Kehadiran pemimpin dapat menjadi spirit bagi bawahan untuk menampilkan performa prima yang dimiliki. Seorang manajer harus hadir disaat staff atau bawahan yang memiliki rencana baik untuk keuntungan perusahaan agar berhasil. Kehadirannya dapat menjadi dukungan dan arahan agar tegar menghadapi kesulitan terutama yang diduga mendatangkan situasi penolakan atau perlawanan. 

Kehadiran manajer saat gawat dapat menjadi motivasi bawahan untuk berani maju mengahadapi kesulitan karena telah memberikan perasaan nyaman dan aman bagi karyawan. Kank Hari  TQM Motivation , Motivator Kondang  Surabaya.



0 komentar:

Posting Komentar