Minggu, 23 Juli 2017

TASHAUF PROFESI: Manfaat Habluminnannas Bagi Kesehatan



ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا ثُقِفُوا إِلا بِحَبْلٍ مِنَ اللَّهِ وَحَبْلٍ مِنَ النَّاسِ
Kank Hari Motivator Pendidikan Karakter Indonesia
Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia…..Qs  Ali Imran 112 

Jika anda merasa tidak bahagia, senantiasa cemas , selalu curiga , stress bahkan depresi , kehilangan jati diri  …perhatikan mutu relasi social anda…!


Habluminannas alias membangun relasi social yang membahagiakan  penting untuk peningkatan kekuatan mental, dikarenakan aktivitas social dapat membantu pikiran positif dan aktif, meningkatkan zat  kimia otak  yang berkaitan dengan perasaan senang (serotonin).  Perasaan menjadi bagian dari komunitas social mampu memperkuat personal identity yang bermanfaat untuk mencegah kecemasan dan depresi. Saluran keluh kesah yang dapat ditemukan solusinya melalui  sahabat ‘terpercaya’ dapat mengurangi beban persoalan hidup.  Tidak jarang pemberian pertolongan secara langsung dan tidak langsung dapat diterima dengan adanya relasi social  baik sekedar informasi agar lebih sehat dan sejahtera atau pertolongan yang sebenarnya misalnya mengantarkan /memperkenalkan kedokter favorit keluarga dsb. Setidaknya inilah intisari dari buku “Building Better Health : A Handbook of Behavioral Change “ Karya C David Jenkin , Ph D.

Lantas bagaimana indicator keberhasilan sebuah relasi social, menurut Syaidina Ali ra , “Apabila dalam suatu pergaulan , kehadiran anda amat dikasihi dan kepergian anda ditangisi”.

0 komentar:

Posting Komentar