Minggu, 24 Mei 2015

Sukses Hanya Milik Mereka yang Berusaha

Diriwayatkan oleh Aisyah ra,Bahwa Rosullullah SAW bersabda. “Yang paling cepat diantara kalian yang bertemu dengan ku adalah  kalian yang paling panjang uluran tangannya”
 
Kemudian Aisyah ra melanjutkan, “lalu kami sama sama mengulurkan tangan untuk mengetahui siapa yang paling panjang uluran tangannya. Ternyata Zainab  yang paling panjang uluran tangannya, sebab dia bekerja dengan tangannya dan bersedekah dengan tangannya pula”. HR Bukhari


Sahabat terkasih, sering diantara kita  berharap sukses namun banyak diantara kita yang enggan membayar “mahar” dari kesuksesan itu misalnya dengan memperbanyak alasan  seperti  waduh itu tidak mungkin dilaksanakan,resikonya itu terlalu tinggi ,pasti tidak akan berhasil dsb.Padahal prasangka negatif itu belum tentu terjadi dan prasangka negatif itu tidak membawa anda kemana mana selain menimbulkan penyesalan dikemudian hari, lantaran orang lain justru berhasil meraih sukses daripada anda melalui jalan yang anda anggap atau menjadi prasangka negatif tadi.

Tidak salah memang jika ada pepatah yang mengatakan bahwa “Sukses adalah hanya miliki mereka yang siap dan mau berusaha”. Dengan demikian maka langkah yang sahabat terkasih  harus lakukan adalah :

1.       Agar anda dapat memiliki kepekaan untuk mengenali peluang dan kesempatan adalah menyingkirkan kecemasan atau prasangka negatif yang membuat anda harus mencari seribu alsan untuk tidak menjalaninya.

2.       Selanjutnya miliki keberanian untuk berkhusnudhon (positif thinking) terhadap jalan yang diberikan Allah untuk meraih keberhasilan, tidak ada salahnya mencoba untuk berhasil dengan berupaya dan berdo’a.

3.       Sesungguhnya setiap peluang diberikan Allah kepada siapa saja, namun hanya mereka yang mau memanfaatkannya, yang dapat dipastikan meraih hasilnya.Manfaatkan peluang yang anda dapatkan jangan terburu buru bekeluh kesah karena perjuangan menuju keberhasilan memang harus menghasilkan keringat. Dan hanya yang berkeringat yang berhak mendapatkan hasilnya.  

4.       Walaupun tidak ada yang mudah dalam mencapai keberhasilan namun tidak ada yang tidak mungkin untuk mencapainya,maka permudahlah  persepsi bahwa anda akan mencapainya walaupun itu tidak mudah.

5.       Percayalah kerja keras dan totalitas akan mendekatkan anda pada impian yang anda raih, karena itu kerjakan secara totalitas pekerjaan yang saat ini anda geluti.

6.       Segala sesuatu tak ada yang statis mereka akan mengkuti perubahan, oleh karena itu pikirkanlah capaian yang bakal anda dapatkan dengan melakukan yang terbaik dari yang anda bisa saat ini agar anda termotivasi untuk selalu berpkir jangka panjang dan bekerja dengan lebih baik. Sehingga tidak terjebak pada zona nyman berpikir statis, dan tentu saja memiliki keberanian berubah menuju kearah perbaikan mutu kehidupan.

7.       Jangan pernah remehkan pertimbangan hati nurani terutama jika berhadapan dengan kondisi yang menghasilkan perasaan tidak tenteram, kejernihan hati nurani ditambah pikiran jangka panjang akan membuat anda terus meng up date pengetahuan untuk modal yang cukup bagi keputusan yang bijak yang anda ambil.


Kesimpulannya,tidak ada teori sukses ,karena hukum alam akan memberikan hadiahnya kepada mereka yang mau berusaha. 

0 komentar:

Posting Komentar