Jumat, 11 Maret 2011

The Art of Decision Making: Pendidikan Berbasis Keimanan


The Art of Decision Making:

Pendidikan Berbasis Keimanan

“…….Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan. Dan janganlah kalian mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepada kalian…. QS. Al-Ma’idah :48.

Salah satu kecenderungan kita adalah tergesa gesa dalam pengambilan keputusan atas sebuah masalah. Sehingga tidak jarang bisa berakhir dengan kekecewaan. Dan penyesalan.

Maka berbasis Logika berpikir Qur’an pada ayat tersebut maka ;

1. Acceptance: Selayaknya kita jangan meninggalkan kebenaran yang telah menimpa. Kecenderungan manusia adalah denial/mengingkari kenyataaan. Dan mencari cari alasan.

2. Recognize ;bukan saja menerima kenyataan ,melainkan mengakui fakta dan data bahwa kejadian itu adalah bagian dari sebuah proses jalan kehidupan.denagan demikian anda dapat mengenali potensi dan konsekuensi logis.

3. Resolution : pikirkan taktik dan strategi menghadapai kesulitan bukan sekedar mensiasati sesaat. Temukan inti persoalan jangan biarkan pikiran pikiran negatip mendorong anada untuk menjadi pesimis.

4. Reform ;Alternatif pilihan yang telah anda susun dengan pertimbangan konsekuensi logis nya .Selanjutnya buat skala prioritas ; Tingkat “kegentingan” dan derajat kepentingan.termasuk keberanian untuk “hijrah “ meninggalkan kemapanan untuk menuju perbaiakan dan kemajuan.

5. Do it now ; Berkeyakinan bahwa anda harus segera mulai saat ini,jangan Cuma ada pada angan angan atau dibicarakan.”ingat bahwa niat membuktikan bukti kesungguhan’”


“Jangan gunakan alasan ketergesaan tanpa pertimbangan sebagai dasar pengemabilan keputusan,Karena bukan hanya anda yang menanggung resikio dari keputusan anda melainkan juga orang yang menjadi tanggung jawab anda”.

0 komentar:

Posting Komentar