Selasa, 15 Maret 2011

Positioning ,Karakter Guru Di Benak Siswa (Mind Share )


Positioning ,Karakter Guru Di Benak Siswa (Mind Share )

Menurut anak saya ,guru ideal itu adalah bisa menjadi teman dan pandai..” Dr Soeryanto Mpd. Ika Unesa

Pada saat menunggu waktu siaran saya sempat berbincang bincang dengan Dr Soeryanto MPd,dari IKA Unesa ,beliau menceritakan saat dialog dengan putrinya yang duduk dibangku SMAN.

”Pagi tadi Mas Hari, saya tanya purti saya apa kriteria Guru Ideal menurutmu….kata anak saya guru ideal itu adalah guru yang bisa jadi teman dan pandai.”
Kemudian beliau menguraikan :”menjadi teman itu adalah guru yang bisa enak diajak bicara,bisa dipercaya dan mengerti harapan serta kecemasan anak.Sedangkan pandai adalah guru yang menguasai ilmunya dan komunikasi pengajarannya bisa dimengerti siswa..’.

Sore itu saya dapat pelajaran baru dari Dr Soeryanto ,MPd yaitu posisi guru di benak siswa (Mind Share) adalah menjadi Teman Dan Pandai.


Saya jadi teringat Sabda Nabi Saw:”…….barang siapa yang membuat senang hati anak kecil dari keturunannya sehingga ia menjadi senang, maka Allah akan menjadikan dia senang pada hari kiamat sampai hati orang tua itu senang (HR.Ibnu Asakir )


“Posisikanlah( Positioning) diri anda sebagai guru yang dirindukan kehadirannya agar supaya ia senang belajar bersama anda. Karena kelak Allah akan memberikan kesenangan anda disurga dari pintu pintu perbuatan yang tidak anda duga. Yaitu membuat anak senang belajar bersama anda sehingga ia menjadi senag belajar…!” .KankHari

0 komentar:

Posting Komentar