Senin, 28 Maret 2011

Kurikulum Memanusiakan Manusia


Kurikulum Memanusiakan Manusia

“Berapa banyak orang dibodohkan oleh kesulitan yang dihadapinya ,sedang ilmu yang dimilikinya tak sedikitpun dapat menjadai penolongnya”.



Pengertian sederhana kurikulum adalah tatanan kegiatan belajar mengajar di gunakan untuk membangun kompetensi dan membekali siswa guna memeiliki kecakapan hidup di masa depan.

Namun benarkah siswa memiliki kecakapan hidup dalam menghadapi tantangan kesulitan masa depannya…?

Jadilah Teladannya ,agar kelak siswa “menduplikasi’ perilaku anda.

Waktu yang dihabiskan untuk sekolah semestinya dapat mengasah ketrampilannya menolong diri sendiri. .Sebagai pendidik (orang tua /guru ) sudah sepatutnya menolong anak agar dapat menolong dirinya sendiri sehingga bahkan Tuhan pun akan menolong siswa dan juga menolong anda.Tolong lah anak untuk memiliki ketrampilan menolong diri sendiri agar kelak dirinya pun dapat menolong orang lain untuk menolong dirinya sendiri.

“Jika kita menolong orang untuk kemandiriannya ,kelak kita akan mendapat pertolonganNYa saat dalam kesendirian.” Kank Hari


Berpengetahuanlah ,agar siswa menyadari ilmu pengetahuan.


Menyandang gelar sebagai pendidik adalah sebuah kepantasan akan kompetensi ilmu dan pengalaman yang kita miliki . Jika tidak lantas apa yang bisa dijadikan rujukan belajar. Terus mengembangkan diri untuk membaca meningkatkan ilmu yang dimiliki dan menambah wawasan serta menggunakan ilmu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dan kesulitan hidup ,,baik pribadi dan lingkungan adalah bukti dari beda orang yang berpengetahuan dan tidak.

Jika tidak “berapa banyak orang dibodohkan oleh kesulitan yang dihadapinya ,sedang ilmu yang dimilikinya tak sedikitpun dapat menjadai penolongnya”.


Teladankanlah gairah belajar dan berpengetahuan kepada siswa agar siswa bergairah untuk belajar dan berpengetahuan”.


Bertanggung Jawab ,Hanya orang yang bertangung jawab yang pantas dipercaya..

Bertanggung jawab bukan sekedar konsisten menjalankan kewajiban . Namun bertanggung jawab adalah kecepat tanggapan dalam mengahadapi realita kehidupan Sekaligus menerima konsekuensi logis keputusan yang sudah dipilih.. Seorang pendidik yang baik memiliki kecepat tanggapan mengenali kompetensi unik (Bakat)dalam diri siswa dan selanjutnya menumbuh-kembangkannya . Sehingga siswa pada akhirnya dapat menumbuh kembangkan bakatnya secara bertanggung jawab.Dan menerima konsekuensi logis keberhasilan upayanya itu.

“Buatlah siswa memiliki tanggung jawab atas dirinya ,karena setiap pribadi mempertanggung jawabkan setiap tindakannya sendiri. Di karenakan setiap diri pasti menerima konsekuensi logis dari hasil tindakannya itu.”


Ajari Siswa Bahagia,agar siswa dapat mensyukuri apa yang sudah diraihnya.

Kebahagiaan bukan sekedar tercapainya keinginan yang telah diperjuangkan,sebab sangat banyak orang dapat meraih yang diinginkan namun tidak pernah bisa menikmatinya bahkan justru menderita karena pencapaiannya itu,Maka hanaya orang yang berbahagia yang dapat membahagiakan orang lain.

“Berbahagialah anda dalam melaksanakan tugas belajar mengajar agar siswa berbahagia belajar bersama anda…!” Hal ini adalah sebagian bukti bahwa anda memang berbahagia atas profesi pendidik yang anda jalankan.” .

0 komentar:

Posting Komentar