Sabtu, 22 Oktober 2016

Soft Skill MBS : Pembekalan Manajemen Konflik bagi Siswa SMK




ilustrasi: Kru Film "Perfect Dream "
Tak dapat dipungkiri siswa SMK  akan menghadapi banyak konflik seperti miss communication, structural conflict dan personal conflict,  saat mereka memasuki dunia industry pasca lulus nanti. Maka membekali mereka soft skill  interpersonal khususnya mengelola konflik semestinya mulai diperkenalkan selama  mereka mengenyam pembelajaran di SMK . Apa saja yang perlu dilatihkan kepada siswa agar piawai mengelola konflik.. ? berikut kiatnya:


1.      Bukan hanya terampil teknis  tapi juga matang emosinya (EQ)

Semakin “matang” emosi seseorang semakin mudah baginya untuk meraih sukses pada bidang karirnya. Ambil contoh siswa perlu dilatih untuk , tidak mudah  mengeluh  atau mudah marah jika mendapatkan beban  tugas lebih, dengan bersabar dan telaten maka kinerja optimal dapat tercapai”. Pelatihan pembentukan sikap seperti baris berbaris ,  kedisplinan, kepramukaan , LDKS dsb amat membantu siswa dalam kematangan emosi.

2.    Bukan hanya kompetensi tapi juga komunikasi

Komunikasi merupakan sarana  menghindarkan  terjadinya kesalah fahaman mengingat kecerdasan dan daya serap masing masing karyawan berbeda beda, maka konflik bisa saja  terjadi. Dengan belajar komunikasi diharapkan dapat memperkecil kesalah fahaman dan menghindarkan konflik. Ajari siswa untuk terampil dalam mendengarkan, memahami instruksi , empati   dan kerjasama tim .

3.    Sikap kerja amat penting

Tak ada sukses yang dibangun dari kerja individual melainkan kerja sama tim yang solid. Oleh karena itu menjaga diri  dari  sikap   tidak menang sendiri, merasa paling jago egois tidak menghargai orang lain adalah perilaku wajib calon lulusan SMK.  Semakin mudah bekerja sama semakin cepat pekerjaan terselesaikan dan semakin tercapai kinerja yang di targetkan
“Semakin dini siswa SMK berlatih kendalikan diri hadapi konflik semakin melejit karirnya di masa depan”  Kank Hari Santoso , Training & Motivation HRD From Surabaya Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar