Kamis, 19 April 2018

3 Perilaku Atasan Tidak Kredible



Kank Hari Motivator MSDM
Prestasi  pegawai di tentukan oleh kepemimpinan atasannya, demikian juga turunnya semangat kerja juga merupakan kegagalan dari atasannya. Lantas  apa ciri atasan yang tidak kredible..?

Perhatikan “gosip” atau pembicaraan diantara karyawan secara umum mengarah pada isu negatif atau positif. Mengingat perlakuan atasan sering kali menyulut isu dari mulut kemulut yang negatif bagi unit kerja dan atasan bersangkutan. Adapun cirinya sebagai berikut:



1.      Takut tersaingi tanpa alasan

Atasan yang tidak kredible tidak memiliki kemampuan untuk merangkul orang orang kreatif dan produktif pada unit kerjanya. Yang lebih parah adalah beberapa atasan bahkan “mengurung” talent istimewa dari pegawai karena takut merasa disaingi atau takut ketahuan ketidakmampuannya sebagai atasan.

2.      Informasi dikuasi sendiri

Untuk informasi yang dianggap sangat menguntungkan bagi diri sendiri akan dikuasai dan dikerjakan secara sembunyi bersama kroni kroninya. Tidak memiliki kemampuan untuk mengelola arus informasi yang  berperan  melayani kepentingan terbaik pegawai untuk unit kerjanya.  

3.      Tidak memiliki alat ukur kinerja yang fair

Penilian kinerja lebih didasarkan pada subjektifitas pribadi tidak memiliki alat ukur yang fair, efektifitas dan pemahaman atas program kerja tidak dapat dijadikan alat evaluasi untuk keberhasilan serta mengkebiri ide ide inovatif pegawainya.

Diera digitalisasi pegawai yang merasa tidak puas dengan atasannya bisa menggunakan medium jejaring sosial untuk curhat perilaku tidak sehat atasannya yang berdampak pada opini publik. Banyak atasan yang tidak memandang penting pegawai great talent sebagai aset unit kerjanya, karena bisa mendatangkan ancaman bagi eksistensi kedudukannya.



0 komentar:

Posting Komentar