Sabtu, 21 April 2018

Split Personality in Organization : Efek samping atasan yang dibenci (diam diam) oleh pegawai..?



Ngaji Laku Profesional Mukmin bersama Kank Hari 
Kank , hampir semua staf disini sebenarnya tidak suka sama atasan baru kami bukan saja dianggap tidak kompeten tapi juga pribadinya  mau menang sendiri. Mengapa bisa begitu..?

Beberapa atasan  yang memiliki ciri perilaku yang anda sampaikan boleh jadi merupakan kompensasi dari pengalaman yang dialami sebelumnya atau memiliki kebutuhan besar ingin membenahi segala sesuatu dengan seusai “kebenaran”nya sendiri karena takut kehilangan jabatan, takut tersaingi atau memang ada yang  ditutupi. Biasanya perilakunya seperti berikut ini:


1.      Tidak rela jika pendapatnya disanggah padahal jika dibiarkan bisa saja berdampak buruk bagi perusahaan atau organisasi maupun pribadi atasan itu sendiri.

2.      Hati dan pikiran tertutup terhadap ide ide brilian bawahan lantaran merasa bahwa dirinya yang paling tahu dan paling benar. Ujungnya demotivasi dikalangan staff atau karyawan memilih apatis melakukan sesuatu, bertindak jika hanya diperintah

3.      Kesalahan kecil   dibesar besarkan hanya untuk menunjukkan bahwa tidak ada yang becus bekerja kecuali dirinya, seluruh staff kehilangan keberanian berinovasi dan takut salah.



4.      Tidak memiliki  kebanggaan terhadap hasil kerja orang lain yang tak disukainya, pemilihan team kerjanya berdasarkan rasa suka tidak suka. Akibatnya banyak karyawan inovatif dan kreatif yang  bertentangan menjadi tidak produktif.

5.      Jika mungkin pekerjaan bisa dikerjakan sendiri bersama kroninya maka tak ada orang lain diluar kroninya yang mendapat kesempatan mendapatkan bagian. Ujungnya terjadi perpecahan dan konflik  internal yang tak terkenali di dalam organisasi.

6.       Lebih suka dipuji dan alergi terhadap kritik serta dievaluasi kinerjanya yang tak memuaskan dan enggan memperbaiki diri.Organisasi kehilangan tujuan opersionalnya dan tak jelas “terukur” efektifitasnya.
      
       Jika anda bekerja pada organisasi yang seperti ini jika mungkin untuk hijrah segeralah resign atau jika tidak memungkinkan bersabarlah dan minta pertolonganNya, karena anda hanya akan menderita lahir batin jika anda tidak menemukan saluran katarsis.

#pejabattidakefektifundercover #krisismutusdmindonesia #bukanpegawaimalas



0 komentar:

Posting Komentar