Kamis, 12 April 2018

Mengapa Pemimpin Dzalim Datangkan Kebangkrutan bagi Perusahaan?


Kank Hari Santoso Ustadx MSDM Indonesia 

Kank, Mengapa Pemimpin  Dzalim Sewenang wenang dapat mendatangkan kehancuran ..?

Seorang pemimpin  yang melakukan kedzaliman  selalu melakukan eksploitasi  kehidupan karyawan dan lingkungan sekitarnya melalui berbagai program dan perilaku  dengan dalih demi profesionalitas kepemimpinannya.Mereka  sewenang wenang dengan jabatan atau kedudukannya, sebagaimana firman Allah  dalam QS. Al Fajr 11-12 : 

"Yang berbuat sewenang wenang di dalam negeri . Lalu mereka banyak berbuat kerusakan dalam negeri itu"

Mereka selalu tidak  melihat pentingnya memberikan value added yang dapat dirasakan langsung oleh karyawan, konsumen serta pemilik modal dari perusahaan  yang dipimpinnya  sehingga terutama karyawan  hanya  mendapatkan pengalaman yang tidak  menyenangkan.menyengsarakan dan bahkan menderita lahir dan batin selama kepemimpinannya.  Akhirnya  karyawan  memilih untuk mencaci memaki secara diam diam , mencela tanpa berdaya untuk mengubah nasib. Mereka menghindar  membina relasi dengan pemimpin  bersangkutan, kalaupun patuh lantaran mereka tidak punya pilihan.


Seorang pemimpin dzalim tidak  akan memikirkan mutu pelayanannya kepada masyarakat apalagi menggunakan berbagai ukuran seperti QQS (Quality,Quantity and Service ) yang artinya setiap produk kebijakan  yang diberikan selalu berorientasi pada standar mutu , sesuai takaran kebutuhan karyawan  mengutamakan pelayanan yang  melampui harapan karyawan dsb. Jangankan  mengevaluasi meninjau kembali keputusan yang merugikan karyawan saja mereka sudah enggan.


Tolok ukur perilaku dan kebijakan seorang pemimpin yang dzalim  adalah mendatangkan akibat negatif dan bencana bagi orang lain, mereka hanya berpikir bagaimana mendapatkan profit  sebanyak mungkin bagi kantong sendiri  dan kroninya saja Tidak akan berpikir jauh kedepan resiko perbuatannya dapat menghancurkan kehidupan proses kelangsungan kehidupan perusahaan  berikutnya dan lingkungan, selagi bisa dikeruk sekarang mengapa tidak,itulah prinsipnya.

 Perbuatan inilah yang pada akhirnya mendatangkan kerugian besar pada perusahaan , demotivasi karyawan, hancur nya saham perusahaan dan terhentinya dukungan stake holder akibatnya tumbanglah perusahaan dimana ribuan kartawan menggantungkan nasibnya. (naudzubillah)
#learnformbadleader.


0 komentar:

Posting Komentar